Perbedaan BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan

Perbedaan BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan, Manakah Yang Lebih Penting ?

sering dipertanyakan banyak orang sebetulnya Perlukah punya asuransi kesehatan swasta kalau sudah ada BPJS Kesehatan, begini jawabannya. BPJS kesehatan dan asuransi kesehatan swasta memiliki manfaat yang serupa yaitu memberikan pertanggungan biaya perawatan kesehatan ketika terjadi resiko medis.

hanya saja BPJS Kesehatan merupakan program wajib pemerintah, sementara asuransi kesehatan swasta sifatnya tidak wajib atau opsional. Nah kalau membandingkan pcare-bpjs-kesehatan dan asuransi kesehatan swasta tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Yuk kita bahas mulai dari BPJS Kesehatan terlebih dahulu.untuk BPJS Kesehatan.

keuntungannya ada pada biaya Premi atau iuran bulanan yang tergolong murah, dimana iuran BPJS Kesehatan berkisar mulai dari 42000 sampai 150 ribu perbulan. Selain itu karena bersifat wajib, maka iuran BPJS Kesehatan untuk pekerja penerima upah juga akan dibayarkan oleh perusahaan. Enggak hanya itu saja dengan asuransi yang terbilang murah BPJS juga siap menanggung penyakit yang dikecualikan banyak asuransi swasta pada umumnya seperti penyakit kanker, penyakit Ronald, hingga gangguan kejiwaan, Tapi tetap saja BPJS Kesehatan tidak luput dari kekurangan.

sebagaimana program asuransi sosial milik pemerintah cakupan layanan kesehatannya pun terbatas, Misalnya saja pertanggungan asuransi hanya akan diberikan untuk pelayanan kesehatan di dalam negeri. Selain itu metode berjenjang pengajuan klaim BPJS Kesehatan juga dinilai rumit, misalnya saat kamu sakit diluar keadaan darurat, kamu diharuskan memeriksakan diri ke faskes1 terlebih dahulu, faskes1 ini meliputi Puskesmas atau klinik,.

jika kemampuan faskes1 terbatas dalam memberikan layanan pengobatan untuk peserta, dokter akan memberikan rujukan ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut, rumah sakit rujukan BPJS Kesehatan pun dipilih berdasarkan yang bekerjasama dengan instansi pemerintahan, ini belum lagi kalau mau berobat menggunakan BPJS Kesehatan harus antri cukup panjang sebelum mendapatkan giliran.

TRENDING:  Pengertian Asuransi Dan Manfaat Asuransi Bagi Kehidupan

kalau mau bahas asuransi kesehatan swasta tentu saja permasalahan BPJS Kesehatan tadi bisa teratasi dengan mudah, sebab jika BPJS Kesehatan menerapkan sistem klaim berjenjang, maka surat kesehatan swasta tidak perlu demikian. kamu nggak perlu dapat rujukan dari Puskesmas pertama, seperti BPJS jika ingin berobat, karena kamu bisa langsung menuju klinik atau Rumah Sakit terdekat.

kemudian bilas sakit dan kebetulan sedang berada di luar negeri kamu juga dapat memanfaatkan asuransi kesehatan, dengan manfaat polis terkait beberapa asuransi kesehatan swasta memang bisa menanggung para peserta di luar negeri sekalipun. meski demikian bukan berarti perusahaan asuransi swasta memberikan keuntungan 100% lebih banyak ketimbang BPJS Kesehatan, sebab nyatanya penjaminan yang diberikan perusahaan swasta juga lebih terbatas daripada BPJS Kesehatan, hanya penyakit-penyakit tertentu yang bisa mendapatkan penjaminan dari perusahaan asuransi swasta, sehingga terkadang perusahaan asuransi swasta akan melakukan cek kesehatan terlebih dahulu kepada calon nasabah, tidak hanya itu premi yang perlu dikeluarkan untuk asuransi kesehatan terbilang cukup mahal, bahkan bisa mencapai jutaan perbulan.

Jadi jika pertanyaannya Perlukah suransi kesehatan dari pihak swasta walau sudah menjadi peserta BPJS jawabannya bisa disesuaikan dengan anggaran dan kemampuan finansial Mu saat ini. kalau punya anggaran lebih sangat disarankan untuk memiliki proteksi tambahan dari asuransi kesehatan swasta, apalagi saat ini semakin banyak dan asuransi kesehatan dengan premi murah bahkan tidak jauh berbeda dibandingkan iuran BPJS Kesehatan.

saat ini belum lagi perusahaan asuransi kesehatan swasta sekarang banyak yang memberikan manfaat babelclin artinya jika BPJS Kesehatan tidak mencakup semua biaya perawatan, kamu bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta tersebut, cukup menguntungkan ya. Nah semoga penjelasan di tersebut menjawab pertanyaan kalian tentang perbedaan antara BPJS Kesehatan Dan Asuransi Kesehatan.

TRENDING:  Inilah jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *